ZMedia Purwodadi

Bahasa Arab Selamat Sore, 'Masaul Khoir' Arti dan Jawabannya

Daftar Isi
Dalam postingan kali ini, kita akan sama-sama belajar tentang bahagaimana mengucapkan bahasa arab ucapan selamat sore dan jawabannya disertai dengan contoh dan cara pengucapannya secara lengkap.

Berdasarkan hasil analisa kami, masih banyak orang Indonesia yang mencari tentang cara pengucapan selamat sore dalam bahasa arab. Oleh karena itu, postingan ini kami buat untuk memudahkan para pembaca dalam belajar bahasa arab dan mengenal ucapan selamat sore dengan baik dan benar.

Bahasa Arab Selamat Sore dan Jawabannya - Lengkap

Bahasa Arab Selamat Sore

Bagaimana ucapan selamat sore dalam bahasa arab? Di antara kalimat ucapan selamat sore dalam bahasa arab itu adalah sebagai berikut, mari kita simak:

1. Thooba Yaumuka
 Ø·َابَ ÙŠَÙˆْÙ…ُÙƒَ
Artinya, "Selamat Sore!"

2. Masaa ul Khoir
Ù…َسَاءُ الخَÙŠْرِ
Artinya, "Selamat Sore!"

Itulah bahasa arab ucapan selamat sore. Jika kita ingin mengucapkan selamat sore kepada seseorang, maka ucapkan kalimat-kalimat seperti di atas, bisa menggunakan thooba yaumuka atau masaa ul khoir.

Lantas bagaimana jika ucapan tersebut ditujukan pada kita? Bagaimana cara kita menjawab dan membalasnya?

Kalimat Jawaban Bahasa Arab Selamat Sore

Nah, bila ada yang mengucapkan selamat sore dalam bahasa arab kepada kita, maka kita harus menjawabnya dengan bahasa arab pula. Agar bahasanya nyambung dan sesuai.

Berikut ini adalah kalimat jawabannya,

Masaa un nuur
Ù…َسَاءُ النُّورِ
Artinya, "Selamat sore juga."

Nah seperti itulah jawabannya. Coba deh dipraktekkan, biar semakin terbiasa.

Ucapan Lainnya dalam Bahasa Arab yang Sering Muncul

Selain ucapan selamat sore, ada pula ucapan-ucapan lainnya dalam bahasa arab yang sering muncul dalam percakapan sehari-hari, silahkan lihat diantaranya sebagai berikut:
  1. Bahasa Arab ucapan selamat pagi
  2. Bahasa Arab ucapan selamat malam
  3. Bahasa Arab ucapan selamat siang
  4. Bahasa Arab ucapan selamat datang
  5. Bahasa Arab ucapan selamaj jalan
  6. Bahasa Arab ucapan selamat makan
  7. Bahasa Arab ucapan selamat ulang tahun

Manfaat Memberikan Ucapan Selamat

Memberikan ucapan selamat memang terkesan simpel dan biasa. Namun jika kita fahami secara seksama, ternyata mengucapkan selamat memiliki banyak hikmah dan manfaat. Diantara hikmah dan manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan suasana harmonis
Mengucapkan selamat dapat menciptakan suasana harmonis. Dimana ucapan-ucapan sederhana seperti ini menunjukan sikap perhatian dan peduli terhadap orang-orang yang kita berikan ucapan selamat tersebut.
  • Menciptakan suasana demokratis
Jika kita merupakan seorang pimpinan atau atasan, maka menyapa adalah salah satu hal penting. Hal ini agar setiap orang yang disapa merasa dihargai dan diakui. Sehingga tidak setinggi apapun jabatannya, namun ada kesamarataan dalam hal bersosial dan bermasyarakat.
  • Menghubungkan silaturahmi
Menyapa adalah salah satu pelantara terciptanya jalinan silaturahmi. Jika kita tidak kenal terhadap seseorang, maka dengan menyapa kita telah membuka gerbang untuk terciptanya silaturahmi. Biasanya, setelah bertegur sapa, kita bisa membuka obrolan-obrolan lain untuk saling mengenal dan mengetahui.
  • Membangkitkan motivasi
Mengucapkan selamat juga dapat membangkitkan motivasi baik itu untuk orang yang disapa maupun untuk orang yang menyapa. Sebab ucapan selamat termasuk bentuk apresiasi dan mendorong untuk menjadikan kita dan orang-orang di sekitar kita lebih baik lagi.
  • Mencairkan Suasana
Menyapa dapat mencairkan suasana. Bila ada ketegangan antar orang, biasanya dengan saling menyapa dan memberikan senyuman dapat lebih mencairkan suasana. Termasuk apabila ada orang yang sebelumnya saling bermusuhan, bila kemudian diakhiri dengan sapaan yang ikhlas, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya perdamaian antar keduanya. Sebab biasanya permusuhan mengedepankan ego masing-masing, namun bila ada salah satu yang mengalah dan meminta maaf untuk saling merangkul, maka permusuhan akan berakhir.